Home » , , , , , » 10 Tips menyikat gigi yang harus anda tahu

10 Tips menyikat gigi yang harus anda tahu

Kebanyakan orang mengetahui dasar-dasar menyikat gigi; berapa kali sehari untuk menyikat gigi, dan berapa lama waktu untuk menyikat gigi. Tapi apakah Anda tahu berapa lama anda harus menunggu menyikat gigi setelah makan, atau makanan membantu untuk menjaga gigi Anda bersih? menyikat gigi juga bisa menjauhkan anda dari sakit gigi.

10 tips untuk menjaga gigi Anda dalam kondisi yang bagus.

1. Tunggu 30 menit setelah makan untuk menyikat gigi Anda
Menyikat gigi segera setelah makan makanan dapat merusak gigi Anda. Selama ini, tingkat pH di mulut Anda lebih rendah dari normal, dan lebih asam, sehingga menyikat bisa membuat kasar dan berbahaya.

2. Jangan selalu mulai menyikat di tempat yang sama
Dokter gigi mengatakan kebanyakan orang biasanya memulai menyikat gigi mereka di tempat yang sama. Pada saat Anda mencapai bagian terakhir, Anda mungkin sedikit bosan dan akhirnya kurang memperhatikan daerah-daerah tersebut. Richard Price, penasihat konsumen untuk American Dental Association, merekomendasikan mulai di tempat yang berbeda setiap kali sehingga semua gigi Anda menerima jumlah perhatian yang sama.

3. Gosoklah gigi dengan lembut
Kebanyakan orang memiliki teknik yang berbeda untuk menyikat gigi mereka, namun ada juga yang lebih berbahaya daripada yang lain. Gigi harus disikat dengan lembut, menyikat dengan keras dapat merusak gigi dan mengikis gusi. sikatlah gigi Anda dengan lembut, gerakan melingkar.

Periodontist Dr. David Genet merekomendasikan menyikat gigi selembut Anda akan membersihkan furniture yang mahal harganya. Tanda untuk memeriksa apakah Anda menyikat terlalu keras adalah dengan melihat apakah bulu menekuk pada gigi Anda. Jika begitu berarti Anda menyikat terlalu keras.

4. Sikat gigi Anda setidaknya dua menit
Kebanyakan orang sudah tahu bahwa jumlah waktu yang disarankan untuk menyikat gigi adalah dua menit. Tapi meskipun begitu, kebanyakan orang masih tidak menyikat cukup lama.

Cara yang baik untuk memastikan Anda menyikat gigi selama dua menit dengan Metode mendengarkan musik saat Anda menyikat gigi Anda, sehingga Anda tahu berapa banyak waktu telah berlalu.

5. Perhatikan geraham dan bagian dalam gigi Anda
Sementara ini mungkin terdengar logis, banyak orang lebih menyikat gigi depan mereka daripada yang lain. karena ini adalah gigi yang orang melihat, semua gigi Anda perlu perhatian yang sama. Memberikan perhatian ekstra untuk geraham dan bagian dalam gigi Anda, karena ini adalah bagian lidah Anda paling sering menekan.

6. Pastikan Anda menggunakan jenis sikat gigi yang tepat
Seringkali orang menggunakan sikat gigi yang terlalu besar atau kecil untuk ukuran mulut mereka, yang dapat menghentikan mereka dari mencapai semua area mulut mereka.

Masalah lain yang umum adalah dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang terlalu kaku, karena hal ini dapat merusak gusi Anda. Para Dokter gigi merekomendasikan sikat lembut, jadi pastikan sikat Anda tidak terlalu keras untuk gusi Anda.

7. Makan buah dan sayuran untuk membersihkan gigi secara alami
Tips bermanfaat untuk menjaga gigi Anda bersih ketika Anda keluar dari rumah dan tidak memiliki kesempatan untuk menyikat gigi, adalah makan buah dan sayuran, seperti apel dan seledri. buah-buahan dan sayuran mentah diisi dengan serat, abrasif alami yang lembut menghilangkan plak.

Bilas dengan air untuk membantu menghilangkan bakteri liar, dan sikat dan benang gigi Anda setelah Anda tiba di rumah.

8. Menjaga Sikat Gigi Anda tetap Bersih
Meskipun sikat gigi Anda terlihat bersih setelah Anda selesai menyikat gigi, bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut dan gigi berlubang bisa tumbuh pada sikat. Bilas sikat ketika Anda sudah selesai untuk membantu menghilangkan bakteri berbahaya.

Bisa Juga anda  membeli cangkir cawan untuk menjaga sikat gigi Anda didalamnya, dengan meninggalkan sikat gigi menyentuh wastafel membuatnya lebih mungkin untuk membawa bakteri lain dari kamar mandi Anda.

9. Ganti sikat gigi Anda setiap tiga sampai empat bulan sekali
Para Dokter gigi  merekomendasikan mengganti sikat Anda setiap tiga sampai empat bulan, karena bulu robek dan kurang efektif, dan sikat dapat mengumpulkan bakteri pada sikat dan gagangnya.

10. Gunakan benang untuk membersihkan gigi setiap hari
Meskipun menyikat gigi adalah cara yang sangat efektif untuk menjaga gigi Anda bersih, namun bulu sering tidak dapat mencapai sela-sela gigi Anda, di mana makanan dan bakteri dapat terbentuk dan berkembang menjadi tartar.

Meskipun tidak masalah jika Anda membersihkan dengan benang sebelum atau setelah menyikat gigi, itu adalah bagian penting dari menjaga seluruh mulut Anda agar tetap bersih dan sehat.